Senin, 09 Februari 2015

Rahasia Kebahagiaan Ala Goldie Hawn

     Ada oran-orang di dunia ini yang telah memiliki keriangan diwariskan kepada mereka sebagai hak lahir. Goldie Hawn selalu tampaknya menjadi salah satu dari mereka. Dari waktu kita pertama kali jatuh cinta padanya di film Cactus Flower, dimana ia memenangkan Oscar untuk aktris pendukung terbaik, dan There's a Girl in My Soup, Hawn telah menjadi salah satu aktris yang memantulkan cahaya, dari atas rambutnya yang pirang ke jantung kecil berkilauan yang ditato dipergelangan kakinya.

     Bahkan humor dalam perannya terbaik berasal, ironisnya, dari saat-saat semangat benar-benar kempes, karena begitu tak terduga : Citra basah, Hawn basah kuyup di poster untuk film Private Benjamin yang menjadi klasik.

    Hawn akan menjadiorang pertama untuk setuju bahwa dia benar-benar dilahirkan dengan kelimpahan optimisme alami, meskipun tidak hadir sepanjang waktu dan selalu diperlukan praktek.Salah satu ucapan favoritnya adalah:"Kita dilahirkan dengan penuh suka cita, terserah kepada kita untuk memeliharanya. 

      Sejak tahun 1970, Hawn, 67 tahun telah menjadi praktisi meditasi dan hidup dengan penuh kesadaran. Melalui Yayasan Hawn , dia telah membawa konsep kesadaran(mindfulness) untuk 150.000 anak di seuruh dunia. Hari ini anak-anak dalam program MindUp nya belajar bagaimana mereka dapat mengurangi stres dan kecemasan dengan memahami di mana emosi negatif hidup dalam otak dan mengambil alih perasaan mereka sendiri.(Dia juga meliris sebuah buku tentang Program, Ten mindful Minutes,(Sepuluh Menit Kesadaran)

Goldie Hawn, 67 thn

     Berikut ini petikan wawancaranya dengan Judith Newman :
Anda tampak benar-benar menabjukkan. Sulit untuk percaya anda adalah seorang nenek yang berusia 67 tahun. Anda mengatakan bahwa meditasi dan menjadi sadar diri(mindful)membuat anda bebas dari rasa marah. Apakah itu juga membantu anda menghadapi penuaan?
  Tidak, tidak. apa yang membantu dengan penuaan adalah kesadaran serius-pemikiran dan pemahaman. anda harus benar-benar memahami bahwa setiap orang akan menjadi tua. Semuanya akan mati. Anda tidak bisa memutar waktu kembali. Jadi pertannyaannya dalam hidup menjadi: apa yang akan anda lakukan saat anda disini?

Bagaimana tentang olah raga dan diet? Pasti anda seorang fanatik.
  Tidak sama sekali! saya mencoba untuk melakukan beberapa bentuk latihan empat hari dalam seminggu. Di rumah di California, saya besepeda ke gunung. Atau saya akan melakukan Pilates atau Spin. Dan saya makan banyak sayuran. Saya makan sehat tapi saya bukan seorang vegetarian. Saya suka memasak, dan saya cenderung membuat satu-pot hidangan daging resep nenek moyang saya yang berasal dari Hongaria.

Rahasia kebahagiaan Goldie Hawn
  Aktris yang selalu kelihatan terus cerah ini membagi rahasianya untuk hidup baik, menjadi tua dengan baik, menembangkan spiritualitas, dan membesarkan anak-anak yang bahagia dan tahan stres.

1. Istirahatkan otak. Stres secara negatif mempengaruhi otak. Bila anda merasa Stres, otak anda masuk ke mode darurat dan menutup energi dari daerah yang terkait dengan belajar dan memori. Kendali ketika hal ini terjadi dan berikan diri anda istirahat mental dengan pernapasan terfokus (Pranayama) atau meditasi. Penelitian telah menunjukan bahwa orang yang bermeditasi meningkatkan densitas daerah tertentu dari otak meraka. Jika anda tidak dapat bermeditasi, cobalah mendengarkan musik atau menatap dinding. Istirahat akan membantu anada melihat sesuatu dengan lebih jelas dan mengurangi setres.
2. Fokus, fokus, fokus  Berfokus pada rasa atau bau tertentu membantu memperkuat jaringan penting dalam otak, yang meningkatkan kemampuan mengambil keputusan dan membantu untuk mengatur suasana hati anda.
3. Putuskan anda ingin bermeditasi  Membuat sesuatu yang proritas untuk mensejahterakan anda adalah setengah pertempuran. Luangkan sedikit waktu untuk hanya mendengarkan pernapasan anda sendiri(Pranayama). Ini mungkin awalnyaagak tidak teratur. Secara bertahap, anda akan belajar untuk mengatur pernapasan anda dan otak anda.
4. Berikan diri anda setidaknya tiga "Istirahat otak" sehari. Khawatir bahwa meditasi membutuhkan waktu terlalu banyak? Penelitian menunjukkan bahwa meditasi selama 3 menit 5 kali sehari adalah memberikan manfaat bagi tubuh sama dengan melakukan 20 menit sekali meditasi.
5. Pikirkan meditasi bukan sesuatu wow...wow.. tetapi sebagai tugas sehari-hari, seperti makan tidur, gosok gigi, mamdi dan lain-lain sema kebiasaan kita. Jadi lakukan apapun yang diperlukan untuk membangun rutinitas: Duduklah dalam posisi tertentu, temukan tempat pribadi di rumah anda. Inti dari meditasi kesadaran diri adalah untuk melabuhkan pikiran anda pada saat ini dan tidak memberikannya berkeliaran ke masa lalu dan masa depan, yang dilakukanya dengan kecepatan kilat hampir 24/7.
6. Kebaikan adalah kunci. Seperti berolah raga otot, anda dapat menumbuhkan kemampuan otak anda untuk peduli (terhadapa sesama). Tindakan kebaikan hati dan empati merangsang pelepasan dopamin yang disebut "penolong tinggi" ini membantu untuk meningkatkan memori, mengurangi depresi, dan mengurangi sakit. ||MH-113, Juli 2013





Tidak ada komentar:

Posting Komentar